in Berita Pasar by lilik
(11/04) alami profit taking kembali setelah pemerintah Jepang awal pekan ini memberikan sinyal baru untuk rencana intervensi pemerintah Jepang menurunkan nilai mata uangnya. Sejak awal perdagangan yen masih tetap unggul melanjutkan rally 6 hari berturut sebelumnya.

Pekan lalu pemerintah Jepang dan bank sentralnya panik akan tingginya nilai tukar Yen yang menurut mereka menguat sepihak, karenanya pemerintah akan intervensi menurunkan nilai mata uangnya tersebut. Dan hari ini ketua sekretariat kabinetnya tegaskan kebijakan G20 pekan ini yang akan membahas kebijakan menghindari devaluasi mata uang, tidak akan menghalangi Jepang melakukan niatnya tersebut.

Hari-hari ini menurut Chief Cabinet Secretary Yoshihide Suga, pemerintah terus memperhatikan kondisi pasar keuangan negara ekonomi terbesar kedua Asia tersebut dan melihat penguatan yen terjadi dikarenakan efek kondisi pasar keuangan global yang tidak kondusif.

Lihat: Rekomendasi Yen, Senin 11 April 2016

Pergerakan kurs yen di sesi Eropa (10:00:35 GMT) melemah terhadap dollar AS, USDJPY dibuka lemah pada 107,98 di awal perdagangan (00.00 GMT), kurs yen turun 10 pips atau 0,1% dan nilai pair bergulir berada pada 108,08.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan besok, analyst memperkirakan pair USDJPY dapat naik terus ke kisaran 108.76-109,44, namun jika terjadi koreksi turun ke kisaran 107,73- 107,38.

yens Yen Sesi Eropa Awal Pekan Terpangkas Pernyataan Kabinet Jepang