in Berita Pasar by yeremia
Dua orang pejabat The Fed mengatakan bahwa kenaikan tingkat suku bunga acuan AS kemungkinan bisa dinaikkan secepat-cepatnya pada rapat FOMC bulan depan sembari menyatakan bahwa perekonomian AS menunjukkan figur yang solid walaupun ekonomi di luar AS sedang diterpa gejolak.

“Ada momentum yang cukup yang telah dibuktikan oleh data-data ekonomi untuk menentukan bagaimana langkah (kenaikan suku bunga) selanjutnya dalam rapat (FOMC) berikutnya, kemungkinan secepat-cepatnya sesua dengan jadwal rapat pada akhir April,” demikian ungkap Ketua The Fed wilayah Atlanta, Dennis Lockhart, pada dini hari tadi di Savannah, Georgia.

Rapat FOMC selanjutnya akan digelar pada tanggal 26-27 April 2016. Pertemuan tersebut akan membahas kelanjutan kenaikan tingkat suku bunga dan pemotongan proyeksi frekuensi kenaikan tingkat suku bunga menjadi setengah dari sebelumnya (4 kali kenaikan dalam setahun) yang ditetapkan pada FOMC minggu lalu. Pertimbangan The Fed atas kebijakan tersebut pekan lalu adalah kekhawatiran akan dampak dari ekonomi global.

Lockhart Dan Williams Tak Punya Jatah Suara Di FOMC Tahun Ini
Meski demikian, Lockhart tak mendapat jatah suara dalam FOMC tahun ini. Tokoh policy-centrist itu menilai bahwa perekonomian AS saat ini sudah cukup. Satu lagi pejabat The Fed yang mengeluarkan pernyataan malam tadi adalah John Williams, Ketua The Fed wilayah San Fransisco.

“Hal-hal lainnya sudah seimbang,” kata Ketua The Fed San Fransisco yang pernah berpidato di Jakarta ini. Williams melanjutkan bahwa secara umum indikator-indikator perekonomian menunjukkan nilai yang setara sesuai dengan prediksi dan harapan.

Oleh karena itu, April atau Juni, menurut Williams akan menjadi waktu yang tepat untuk menaikkan kembali tingkat suku bunga, demikian tuturnya dalam wawancara dengan Market News International. Sama seperti Lockhart, Williams juga tidak mendapat jatah suara dalam FOMC tahun ini.

Menurut catatan Bloomberg, para investor telah mengurangi pertaruhan mereka terhadap kenaikan suku bunga FED untuk bulan April menjadi 8 persen dari sebelumnya sebanyak 27 persen. Sementara kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Juni masih cukup meyakinkan, yakni dengan bobot kemungkinan 43 persen.

sf_140805_TM1458630476_fomc-new-faces.top Williams Dan Lockhart The Fed: Suku Bunga AS Mungkin Naik April