in Berita Pasar by heri
trade-at-the-new-york-stock-exchange-1-1200x1080 Wall Street Ditutup Naik
Saham-saham di Wall Street berakhir menguat pada Selasa, setelah Ketua Federal Reserve AS menonjolkan sikap “dovish” pada kebijakan moneternya sehubungan dengan kekhawatiran tentang risiko-risiko ekonomi global. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 97,72 poin (0,56 persen) dan ditutup pada level 17.633,11. Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 17,96 poin (0,88 persen) menjadi berakhir di 2.055,01 dan indeks komposit Nasdaq melonjak 79,84 poin (1,67 persen) menjadi 4.846,62.

Yellen mengisyaratkan dengan jelas bahwa kenaikan suku bunga berikutnya tidak mungkin sebelum Juni, dan bahwa, ketika bank sentral AS mengetatkan kebijakannya, maka akan (dilakukan) secara perlahan dan bertahap. “Perkembangan di luar negeri menyiratkan bahwa pemenuhan tujuan kami untuk lapangan pekerjaan dan inflasi kemungkinan akan membutuhkan jalan yang agak lebih rendah untuk suku bunga federal fund daripada yang diantisipasi pada Desember,” kata Yellen.

“Mengingat risiko-risiko terhadap prospek, saya menganggap sesuai bagi Komite untuk melanjutkan dengan hati-hati dalam menyesuaikan kebijakannya.” “Dia tidak bisa memberikan pidato yang lebih dovish,” kata Mace Blicksilver, direktur Marblehead Asset Management. “Dia pada dasarnya mengambil April dan Juni turun dari meja,” katanya, mengacu pada dua pertemuan kebijakan Fed berikutnya.