in Berita Pasar by heri
yen129 USDJPY Melemah, Greenback Dibayangi Tekanan
Pergerakan pasar mata uang di hari Kamis(31/3), dollar AS terpantau alami pelemahan terhadap yen ketika pertumbuhan pasar tenaga kerja AS telah mengalami hambatan berdasarkan laporan swasta tadi malam.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan USDJPY terpantau melemah 0.11% dengan diperdagangkan pada level 112.31. Pada index dollar AS, yang memperlihatkan performa greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya bergerak flat di level 94.79.

Permintaan greenback mengalami penurunan pada pagi ini, akibat dampak dari laporan swasta AS tadi malam. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Automatic Data Processing menyebutkan bahwa pertumbuhan lapangan pekerjaan AS, hanya naik 200K untuk bulan Maret dimana masih lebih rendah dari hasil di bulan sebelumnya dengan kenaikan sebanyak 205K.

Meski laporan tersebut berasal dari sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu perusahaan swasta di AS, akan tetapi cukup memberikan dampak yang buruk bagi greenback. Sedangkan untuk laporan resmi dari pemerintah AS telah dijadwalkan akan dirilis pada hari Jumat pukul 19.30 WIB.

Sementara itu, perhatian pasar pada hari ini tengah tertuju kepada pidato Mark Carney, data fundamental Inggris, dan klaim pengangguran AS. Hasil dari ketiga laporan tersebut diperkirakan akan mampu memberikan dampak besar bagi pergerakan pasar.