USD/JPY bergerak korektif bullish pada kisaran 109.19 karena pelemahan Yen dan berpihaknya momentum kembali kepada Dollar. Menurut IBT sejak awal tahun, Yen telah menguat lebih dari 12 persen terhadap dolar dan diperdagangkan pada level diatas yang terakhir terlihat pada Oktober 2014.

Lonjakan kekuatan Yen memiliki efek merugikan bagi ekonomi Jepang, yang sangat berorientasi ekspor sehingga kekuatiran atas dampak dari volatilitas perdagangannya membuat Menteri Keuangan Taro Aso menyampaikan kepada parlemen Jepang agar bersiap untuk mengintervensi pasar mata uang jika diperlukan.

Jika pemerintah memutuskan untuk campur tangan di pasar forex, maka hal itu akan mendapat dukungan luas dari kalangan bisnis Jepang. Saraiki Sakakibara, yang mengepalai Keidanren – lobi bisnis terbesar di Jepang – Senin mengatakan bahwa itu “wajar” jika pemerintah Jepang bertindak menentang kenaikan Yen baru-baru ini yang spekulatif dan tidak sejalan dengan fundamental ekonomi, demikian Reuters melaporkan, mengutip kantor berita Kyodo.

Pada grafik H4 di bawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan Elliott Wave yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

sf_070726_264249_1 USD/JPY Korektif Bullish Pada Kisaran 109.19