Belanja masyarakat Jepang, Selasa (01/02) pagi ini dilaporkan melorot dalam rentang yang lebih cepat daripada ekspektasi untuk bulan Januari. Kondisi ini menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan mungkin harus memikirkan langkah baru untuk mempercepat pemulihan dalam konsumsi swasta demi menghindarkan Jepang agar tak kembali tenggelam dalam resesi.

Biro Statistik Jepang melaporkan, belanja masyarakat untuk alat-alat rumah tangga jeblok 3.1 persen YoY pada bulan Januari, lebih drastis dibandingkan dengan perkiraan pasar dengan penurunan 2.5 persen, namun masih lebih baik dibandingkan penurunan 4.4 persen yang tampak di awal bulan.

Penurunan tajam yang terjadi pada sektor konsumsi swasta merupakan kontributor utama kontraksi ekonomi Jepang pada kuartal bulan Desember lalu. Kemerosotan mencapai 0.8 persen, mengambil 0.5 persen poin dari pertumbuhan GDP Jepang. Secara umum perekonomian Jepang menyusut 0.4 persen dalam kuartal akhir 2015.

Merespon laporan tersebut, Dolar AS diperdagangkan lebih rendah menuju kisaran 112.44 yen dibandingkan dengan 112.65 yen di sesi perdagangan New York. Siang ini, USD/JPY sudah mulai kembali ke angka 112.67.

z?s=USDJPY=X&t=7d USD/JPY Di Level Rendah Meski Belanja Konsumen Jepang Menurun