in Berita Pasar by heri
Pergerakan pasar mata uang di hari Senin(28/3), dollar AS terpantau alami pelemahan terhadap Swiss franc ketika sentimen pasar masih cenderung menurun ditengah suasana libur paskah yang membanjiri pergerakan hari ini.

Jelang perdagangang di sesi Eropa, pasangan USDCHF terpantau melemah 0.08% dengan diperdagangkan pada level 0.9772. Pada index dollar AS, yang memperlihatkan performa greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya terpantua naik 0.15% di level 96.31.

Dollar AS terlihat alami pelemahan terhadap Swiss franc, meski permintaan greenback terus melanjutkan kenaikan pasca terjadinya pemulihan ekonomi di wilayah Amerika. Tanda – tanda membaiknya pertumbuhan ekonomi di wilayah AS telah diperlihatkan oleh sebuah laporan dari Biro Analis Ekonomi yang mengatakan bahwa pertumbuhan domestik bruto AS telah alami kenaikan sebesar 1.4% di kuartal empat dari hasil sebelumnya yang mencatat kenaikan 1.0%.

Sementara itu, suasana libur paskah masih menyelimuti sentimen pasar di awal pekan ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya beberapa bank sentral dunia yang masih libur hingga hari ini. Meski demikian, laporan belanja konsumen, pendapatan pribadi, dan penjualan rumah tertunda di wilayah AS nanti malam berpotensi memberikan gejolak pergerakan harga kembali.

Pada pekan ini, laporan pasar tenga kerja di wilayah AS telah menjadi sorotan penting bagi para pelaku pasar. Laporan tersebut telah menjadi acuan penting bagi pasar guna mengukur kembali langkah – langkah kebijakan yang akan dilakukan The Fed pada 28 April mendatang mengingat bayang – bayang kenaikan suku bunga oleh Bank Sentral AS