in Berita Pasar by yeremia
Dolar AS merosot ke level rendah enam bulan terhadap Dolar Kanada di hari Rabu (13/04) pagi ini karena kenaikan harga minyak menggenjot permintaan terhadap Dolar Kanada sebagai mata uang komoditas di samping karena menurunnya ekspektasi kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat yang meredam penguatan Greenback.

USD/CAD menyentuh level 1.2757 saat berita ini ditulis, menurun sekitar 0.21 persen dari sebelumnya di posisi 1.2851. Level tersebut merupakan yang terendah sejak tanggal 16 Oktober. Dolar Kanada juga menguat terhadap Euro dengan EUR/CAD di angka 1.4669 tergelincir 0.29 persen.

Dolar Kanada yang biasa disebut dengan Loonie, mendapat dukungan dari harga minyak yang terus menanjak sejak Selasa kemarin menjelang pertemuan penting di Doha hari Minggu esok antara negara-negara produsen minyak terbesar di Timur Tengah dan Rusia yang banyak diawasi ketat oleh pasar. Tujuan dari rapat tersebut adalah tercapai kesepakatan antara negara-negara produsen minyak untuk membekukan produksi minyak mereka dengan harapan harga minyak akan kembali merangkak naik.

Di samping itu, Bank Sentral Kanada juga akan mengumumkan hasil rapatnya malam nanti.

sf_104005_262865_dolar_kanada_1 USD/CAD Terempas Lagi Jelang Pertemuan Doha