in Berita Pasar by yeremia
Dolar AS memperpanjang pelemahannya terhadap dolar Kanada, sejalan dengan kenaikan harga minyak dan rilis data laporan ekonomi Kanada pada hari Jumat lalu. USD/CAD menyentuh 1.2997 sepanjang sesi perdagangan AS dan di sesi Asia pagi ini (11/4) USD/CAD diperdagangkan di sekitar 1.2980.

Menurut laporan badan statistik Kanada pada hari Jumat lalu, jumlah tenaga kerja meningkat 40,600 di bulan Maret, melebihi ekspektasi peningkatan 10,000 maupun rekaman bulan lalu yang mencatat penurunan sebesar 2,300.

Laporan tersebut juga menunjukkan, tingkat pengangguran di negara tersebut jatuh ke 7.1% dari 7.3% bulan lalu. Sementara laporan lain memberikan informasi bahwa pembangunan di sektor properti meningkat 204,300 pada bulan Maret, lebih tinggi dari ekspektasi 190,000.

Dolar Kanada yang berkaitan erat dengan komoditas juga terdorong naik sejalan dengan reli kenaikan harga minyak pada hari Jumat, meskipun kekhawatiran akan pasokan global masih membayangi.

Sementara itu, greenback masih di bawah tekanan setelah notulen dari rapat the Fed bulan Maret yang dirilis hari Rabu mengindikasikan bahwa bank sentral nampaknya akan meningkatkan suku bunga sebelum Juni dikarenakan keprihatinan mengenai pertumbuhan ekonomi dunia.

Di sisi yang lain, loonie pun meningkat tajam terhadap Euro hingga mencapai kisaran 1.4810 pada saat berita ini ditulis. Sentimen pada Euro masih rentan setelah para pejabat senior Bank Sentral Eropa pada hari Kamis menyatakan siap untuk menyuntikkan stimulus apabila diperlukan.

c_sf_104139_262741_dolar-kanada-02 USD/CAD Memperpanjang Pelemahan Akibat Kuatnya Data Kanada