in Berita Pasar by yeremia
Dolar AS jeblok terhadap Dolar Kanada setelah Bank of Canada (BoC) tidak merubah suku bunga pada bulan Maret ini. BoC tadi malam (9/3) mengatakan bahwa inflasi masih seimbang. Keputusan BoC ini sebenarnya sudah diprediksi juga oleh sebagian analis dan pengamat keuangan, tetapi masih mengejutkan pasar.

USD/CAD bergerak turun sekitar 0.53% dari level tertinggi 1.3447 ke 1.3228 dalam satu sesi. BoC menyebutkan bahwa tidak beranjaknya suku bunga pada tingkat 0.50% sudah sesuai dengan ekspektasi pasar. Dalam pernyataannya, BoC juga menilai bahwa ekonomi global sedang berkembang seperti yang sudah diantisipasi dalam laporan bulan Januari.

Bank Sentral yang dipimpin oleh Stephen Poloz tersebut pun menuturkan bahwa volatilitas pasar keuangan nampak berkurang. Meskipun resiko buruk masih tetap ada, BoC masih mengharapkankan pertumbuhan global untuk menguat tahun ini atau pada tahun depan.

Selain itu, pertumbuhan GDP dalam Ekonomi Kanada tidak selemah dengan apa yang sudah diperkirakan oleh BoC, meskipun diakui bahwa outlook ekonomi waktu dekat ini disana tetap sama dengan bulan Januari.

Dolar Kanada yang terkait dengan komoditas juga tetap terdukung seiring harga minyak berada pada kisaran diatas 37 dolar per barel pada hari Rabu (9/03), ditengah – tengah harapan akan terjadinya pemangkasan produksi.

z?s=USDCAD=X&t=7d USD/CAD: Dolar Terpelosot Setelah Putusan BoC Keluar