in 6.2.1. Trendspotting by hafid zaini

Ketika dua orang pergi berperang, orang bodoh selalu bergegas membabi buta ke pertempuran tanpa rencana, seperti orang kelaparan di tempat prasmanan favoritnya.

Orang bijak, di sisi lain, akan selalu mendapatkan laporan situasi dahulu untuk mengetahui kondisi sekitarnya yang dapat mempengaruhi bagaimana cara bertempur.

binoculars Trendspotting

Seperti dalam peperangan, kita juga harus mendapatkan laporan situasi di pasar. Ini berarti kita perlu tahu seperti apa lingkungan pasar.

Kadang-kadang sistem tidak seperti kenyataannya, menyebalkan. Kadang, suatu sistem berpotensi sangat menguntungkan, tetapi sedang digunakan dalam lingkungan yang salah.

Trader yang baik mencoba untuk mengetahui strategi yang tepat untuk lingkungan pasar saat ini.

Apakah sudah waktunya retracements ? Atau sideway?

Sama seperti pelatih suatu pertandingan, Anda juga harus dapat menentukan strategi yang terbaik untuk digunakan pada lingkungan pasar saat ini.

Dengan mengetahui lingkungan pasar, kita bisa memilih strategi berbasis trend di pasar waktu pasar sedang trending atau strategi range  untuk pasar yang naik turun.

Dengan mengetahui strategi mana yang tepat, Anda akan menemukan dengan mudah indicator apa yang harus digunakan.

Sebagai contoh, Fibs dan trend line berguna untuk pasar yang sedang trending, sedangkan pivot point, support dan resistancesangat membantu di pasar sideway.

Sebelumnya, anda harus tahu bahwa gerakan harga dipasar ada 3 :

  • Tren naik (bullish)
  • Tren turun (bearish)
  • Tren kesamping (Sideway)