in Berita Pasar by yeremia
Indeks ini dirilis oleh Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung (ZEW) atau pusat riset ekonomi Eropa yang berkedudukan di Jerman. Indeks ini mencerminkan sentimen investor dan analis terhadap kondisi perekonomian Jerman pada khususnya dan kawasan Euro pada umumnya dalam 6 bulan kedepan. Angka indeks yang positif atau lebih besar nol menunjukkan optimisme sedang angka negatif atau lebih kecil nol menunjukkan pesimisme.

Hari ini 16 Pebruari jam 17:00 WIB akan dirilis indeks ZEW Economic Sentiment Jerman bulan Pebruari 2016. Bulan Januari lalu indeks ZEW Jerman berada pada angka +10.2, lebih tinggi dari perkiraan +8.2 tetapi yang terendah sejak bulan Oktober 2015. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan indeks ZEW Jerman akan berada pada angka +0.1. Jika hasil rilis lebih tinggi dari perkiraan maka EUR/USD akan cenderung menguat, dan sebaliknya jika lebih rendah dari perkiraan atau berada pada angka negatif.

Sentimen dan level-level penting
Seperti pada testimoni ketua The Fed Janet Yellen minggu lalu, kenaikan suku bunga The Fed secara bertahap masih mungkin dilakukan dalam tahun ini, dan USD kembali rebound menyusul data penjualan retail bulan Januari yang lebih tinggi dari perkiraan. Sementara tingkat inflasi Eurozone yang masih rendah akan menyebabkan European Central Bank (ECB) bertindak pada meetingnya bulan depan, bisa dengan menambah stimulus. Dengan demikian sentimen EUR/USD terhadap rilis data ini cenderung bearish (EUR melemah).

sf_105721_260196_gb Trading EUR/USD Dengan Indeks ZEW Jerman 16 Pebruari 2016