in Berita Pasar by heri
swiss-ekonomi11 Swiss Franc Menguat Terhadap Dollar AS
Pergerakan pasar mata uang di hari Kamis(17/3), dollar AS terpantau melemah terhadap Swiss franc pasca dirilisnya laporan fundamental Swiss.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, pasangan USDCHF terpantau melemah 0.44% dengan diperdagangkan pada level 0.9724. Pada index dollar AS, yang memperlihatkan performa greenback terhadap mata uang utama lainnya mengalami penurunan0.62% dengan diperdagangkan pada level 95.11.

Swiss franc terpantau alami penguatan terhadap dollar AS meski pertumbuhan inflasi di wilayah Swiss mengalami penurunan. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Kantor Statistik Federal menyebutkan bahwa inflasi produsen Swiss mengalami penurunan 0.6% di bulan Februari setelah turun 0.4% di bulan Januari lalu. Untuk basis tahunannya, pertumbuha inflasi produsen Swiss telah turun 4.6% di bulan Februari setelah turun 5.3% di bulan Januari.

Sementara itu, perhatian pasar kali ini tengah tertuju kepada serangkaian laporan fundamental ekonomi dunia. Laporan tersebut meliputi data inflasi Eropa, pertemuan kebijakan Bank Sentral Inggris, klaim pengangguran AS dan index manufaktur Philadelphia. Sejalan dengan laporan tersebut, maka pasar berpotensi bergejolak kembali.