in Psikologi by yeremia
Ada ungkapan bijak yang mengatakan bahwa hidup adalah sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan. Hal yang sama bisa diberlakukan dalam trading, dan pada kenyataannya ungkapan tersebut bisa membantu kita untuk menjadi trader sukses jika kita memaknainya dengan benar. Banyak trader yang terperangkap dalam jebakan psikologis. Mereka lebih mengutamakan hasil akhir sebuah trade dan tidak terlalu fokus pada proses trading yang dilakukan.

Sering kali trader harus kehilangan hampir seluruh hasil keuntungan trading yang diperolehnya sedikit demi sedikit. Mereka merasa kecewa dan frustasi karena beberapa kali gagal mencapai apa yang sangat diinginkannya, yaitu keuntungan yang konsisten. Alasan dari perasaan frustasi itu sulit dimengerti dan dijelaskan kecuali Anda mengalami sendiri. Tidak sedikit trader yang putus asa dan menghentikan aktivitas tradingnya.

Jika Anda kebetulan mengalami hal yang sama, satu-satunya cara yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan emosi negatif tersebut dengan fokus pada proses dalam trading, bukan pada hasil akhir. Yang sering terjadi dalam trading adalah semakin Anda berusaha dengan keras untuk memperoleh keuntungan semakin Anda kehilangan banyak uang. Ini adalah jebakan psikologis. Jika Anda tidak tertarik pada proses dalam trading dan tidak sabar mengikuti langkah-langkahnya maka Anda akan terjebak untuk hanya fokus pada hasil akhir yang Anda harapkan, yaitu keuntungan. Sikap mental semacam ini dalam trading sangat tidak kondusif dan cepat atau lambat Anda akan gagal total.

Terlalu fokus pada hasil akhir akan menyebabkan over-trading, yang biasanya disebabkan oleh rasa ‘balas dendam’ setelah mengalami kerugian, atau euforia setelah memperoleh keuntungan. Dalam kenyataannya frekuensi trading yang berlebihan adalah salah satu penyebab hancurnya account trading disamping volume (ukuran lot) yang terlalu tinggi karena mengejar keuntungan besar. Rasa serakah dan takut (greed and fear) adalah penyebab over-trading dan volume trading yang tinggi akibat harapan yang tidak realistis dan cara trading yang tidak disiplin.

Trading bukan cara instan untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat meski anggapan ini sering ada pada trader pemula. Jika Anda bisa menghasilkan keuntungan yang konsisten itu karena Anda memang benar-benar tertarik pada tantangan dalam trading dan selalu ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Sukses dalam trading adalah sebuah perjalanan, artinya untuk mendapatkan keuntungan yang konsisten Anda harus fokus pada proses dalam trading, bukan pada hasil akhir yang Anda harapkan.

Jika Anda telah benar-benar tertarik pada proses dan mengubah tujuan Anda dari ‘mendapatkan keuntungan besar’ ke ‘menjadi seorang trader yang mumpuni’ maka ‘keuntungan’ tersebut akan bisa terwujud sebagai hasil akhir. Sebaliknya terlalu fokus pada hasil akhir akan menyebabkan kebiasaan trading yang salah dan pada akhirnya akan menghancurkan account Anda.

sf_142448_209073_gb Sukses Dalam Trading Adalah Sebuah Perjalanan