in Berita Pasar by heri
Pergerakan pasar mata uang di hari Selasa(16/2), Aussie dollar terlihat mengalami penguatan terhadap dollar AS, terdorong dari hasil pertemuan kebijakan Bank Sentral Australia yang memberikan sinyal positif pada ekonomi.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, pasangan AUDUSD telah terpantau mengalami kenaikan sebesar 0.41% dengan diperdagangkan pada level 0.7168.

Aussie dollar terpantau mengalami penguatan terhadap dollar AS pada hari ini, setelah Bank Sentral Australia merasa optimis bahwa akan terjadi pertumbuhan ekonomi domestik. Glenn Stevens menyerukan bahwa kondisi pasar tenaga kerja telah mengalami pertumbuhan yang sangat baik, sedangkan untuk PDB diperkirakan tumbuh di bawah laju rata-rata sepanjang tahun 2015 silam. Beberapa anggota pejabat Bank Sentral Australia mencatat akan adanya penyeimbangan kembali aktifitas dari sektor sumber daya alam ke sektor non-resource. Hasil pertumbuhan sektor jasa yang khususnya pada pelayanan rumah tangga telah memperlihatkan kenaikan kuat.

Di sisi lain, sentimen pasar masih terlihat menahan diri guna mengantisipasi hasil pertemuan kebijakan The Fed. Hasil pertemuan FOMC tersebut dijadwalkan akan dirilis pada Kamis dini hari, dimana sebagian besar pasar mempercayai bahwa The Fed akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga tanpa perubahan ditengah spekulasi bahwa Bank Sentral AS akan menaikan suku bunga pada tahun ini.

Sementara memasuki perdagangan sore ini, laporan fundamental Inggris diperkirakan akan memberikan gejolak pergeseran pada pasar. Laporan tersebut meliputi sebuah data inflasi konsumen, inflasi produsen, inflasi harga rumah di wilayah Inggris. Selain itu, laporan sentimen ekonomi Jerman dan zona euro juga turut hadir meramaikan peristiwa ekonomi dunia kali ini. Survei ekonom memperkirakan bahwa sentimen ekonomi Jerman akan mengalami penurunan menjadi 0.1 di bulan Februari dan untuk zona euro akan mengalami penurunan menjadi 10.3 di bulan Februari.