in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental Sentimen Konsumen AS Coba Gagalkan Naiknya Emas
Panduan Fundamental 29 Maret 2016

Gugusan koreksi emas yang terjadi di emas dengan harapan akan tergulung di bawah level 1200 kemungkinan besar hari ini akan dicoba kembali.

Faktor keraguan investor untuk melakukan koleksi emas secara besar-besaran memang masih belum terlihat karena investor sendiri dalam kondisi wait and see terhadap masa depan suku bunga AS, apakah bisa naik di bulan ini atau malah ditunda lagi.

Pun demikian hari ini Janet Yellen sebagai pimpinan tertinggi di bank sentral AS akan melakukan sebuah dialog pada sebuah forum kebijakan moneter yang tentunya akan sedikit banyak menyinggung serta memberi isyarat terselubung kepada pasar perdagangan global tentang masa depan suku bunga the Fed.

Bila chairwoman Federal Reserve ini ada isyarat kenaikan suku bunga di tahun ini dengan cepat maka harga emas kemungkinan besar bermain dibawah level harga 1200 lagi. Namun kita bisa menatap sedikit lega terhadap keterbatasan faktor koreksi harga emas ini bilamana sebelum Yellen berbicara data keyakinan konsumen AS mengalami keterpurukan pada periode terkini.
Sentimen konsumen AS menurut tim riset Financeroll memang akan mengalami sedikit kenaikan pada periode ini dengan dasar bahwa faktor harga bahan bakar dan kebutuhan hidup di AS sedang menurun namun secara pendapatan konsumen AS mempunyai trend yang membaik. Hal ini memberi pengertian ke pasar bahwa hasil survey penduduk AS mempunyai keyakinan yang lebih baik dari periode sebelumnya. Potensi kenaikan keyakinan konsumen AS kali ini tidak terlalu besar atau melewati level 100 seperti biasanya.

Tim melihat bahwa harga emas akan naik agak panjang bila sentimen konsumen ini mengalami kenaikan tipis atau malah bermain di bawah level 90. Tetapi kalau bermain di level 100 kembali atau diatasnya, maka tentunya harga emas akan mengalami koreksi panjang.

Survey keyakinan konsumen ini sangat penting bagi trader untuk diperhatikan karena dengan kenaikan atau penurunan dari hasil survey ini tentu akan mempengaruhi besar dan kecilnya mood investor untuk melakukan investasi di sebuah negara khususnya di AS. Ketika survey membaik maka arus investasi ke AS akan semakin tinggi membuat index dollar membahana dan disertai merengeknya harga emas.