in Berita Pasar by heri
hqdefault Saudi dan Rusia Siap Berunding Lagi
Para menteri energi Arab Saudi dan Rusia – dua negara terbesar eksportir minyak mentah – berencana akan membahas pemotongan produksi di Qatar pada hari Selasa ini, demikian disampaikan delegasi OPEC Senin kemarem, di tengah tekanan berbagai usaha untuk menopang harga minyak yang kian jatuh. Pertemuan mengejutkan antara Arab Saudi Ali al-Naimi dan Rusia Alexander Novak datang setelah Iran meluncurkan ekspor minyak pertama ke Uni Eropa dalam lebih dari tiga tahun, menyusul pencabutan sanksi atas program nuklirnya. Para pejabat Iran mengatakan pada akhir pekan bahwa negara itu telah meningkatkan ekspor dengan 400.000 barel per hari, menambah pasar minyak dunia yang sudah sangat jenuh.

Harga minyak mentah telah merosot lebih dari 70% sejak Juni 2014, jatuh di bawah $ 27 per barel pekan lalu, terutama karena lonjakan pasokan dari AS, Rusia dan anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak seperti Arab Saudi , Irak dan Iran. Para pejabat OPEC mengatakan ide baru telah dibahas dalam beberapa hari terakhir – produksi “freeze,” membutuhkan kesepakatan baru antara anggota OPEC dan Rusia untuk tidak memompa lebih dari yang ada sekarang.

Seorang pejabat OPEC mengatakan Senin bahwa posisi Arab Saudi pada dasarnya dasarnya tetap tidak berubah. Naimi dan Novak akan bergabung di ibukota Qatar Doha bersama menteri minyak OPEC anggota Venezuela Eulogio Del Pino, kata para delegasi. Pada hari Minggu, rekan Nigeria mereka Emmanuel Ibe Kachiwku juga akan ada di Qatar, yang memegang jabatan presiden seremonial OPEC tahun ini.