Dolar New Zealand melonjak hingga 1.3 persen terhadap Greenback setelah Bank Sentral New Zealand (RBNZ) memutuskan untuk tidak mengubah tingkat suku bunga berikut kebijakan moneternya secara keseluruhan. RBNZ kembali mengulang pernyataan bahwa pelonggaran moneter mungkin dibutuhkan untuk mencapai target inflasi sembari tetap mencatat adanya kenaikan pada inflasi harga rumah.

Dolar New Zealand melompat ke level 0.6930 per Dolar AS setelah pernyataan RBNZ, dari sebelumnya di level 0.6844, sesaat sebelum rilis kebijakan RBNZ. Kenaikan ini kemungkinan disebabkan karena ekspektasi pasar yang cukup besar bahwa RBNZ akan kembali memotong suku bunganya bulan ini. Padahal, rendahnya nilai tukar Dolar New Zealand, menurut bank sentral, masih dibutuhkan untuk menggenjot ekspor. Nilai tukar Dolar New Zealand dewasa ini masih lebih tinggi daripada nilai tukar yang sesuai dalam pandangan RBNZ dilihat dari harga komoditas.

Wheeler Soroti Inflasi Properti
Pernyataan RBNZ pada hari ini tetap menghidupkan prospek bahwa Gubernur Graeme Wheeler akan memotong suku bunga OCR kemungkinan hingga 2 persen pada rapat kebijakan pada tanggal 10 Juni mendatang. Wheeler memberikan catatan dalam kebijakan moneter RBNZ hari ini tentang kemungkinan naiknya inflasi harga rumah di Auckland meskipun bulan lalu, kenaikan harga rumah di wilayah tersebut masih dalam laju yang moderat. Menurut Wheeler, tekanan harga sedang terjadi di wilayah selain Auckland.

Gubernur RBNZ tersebut juga menyoroti pertumbuhan outlook ekonomi global yang memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena lemahnya pertumbuhan di China dan negara-negara berkembang lainnya. Harga-harga untuk sejumlah komoditas, termasuk minyak, mengalami kenaikan namun masih lemah.

Kondisi moneter internasional pun berada dalam mode yang sangat akomodatif dengan pertimbangan pelonggaran moneter dan suku bunga negatif di sejumlah negara. Volatilitas pasar finansial telah melonggar dalam beberapa pekan ini, namun pasar masih akan mengawasi pengaturan kebijakan yang diterapkan oleh bank-bank sentral mayor.

sf_110815_TM1461816482_graemme_wheeler RBNZ Pertahankan Suku Bunga, NZD/USD Meroket