Mata uang China menyentuh level terkuatnya tahun setelah Bank Sentral China (PBoC) memberikan arahan agar Yuan menguat tajam di hari Senin ini di tengah pasar finansial global yang pasang surut.

Setelah dibuka menguat terhadap Dolar AS, Yuan diperdagangkan 1.2 persen lebih tinggi daripada harga penutupan sebelumnya, sehingga menjadi pergerakan yang terbesar sejak tahun 2005. Yuan menguat ke angka 6.4988 terhadap Dolar AS setelah diperdagangkan terakhir pada level 6.5014 terhadap Dolar AS.

Bank Sentral China mengatur referensi rate harian Yuan untuk diperdagangkan di atas atau di bawah 2 persen rate yang ada saat ini. Pasca berjibaku dalam roller-coster rate Yuan bulan Agustus 2015 lalu, PBoC tampak mulai mengarahkan para investor untuk “mengabaikan” referensi rate harian Yuan terhadap Dolar AS.

Nilai Yuan di China daratan dibuka menguat tajam di angka 6.53 per Dolar di hari Senin ini dan diperdagangkan sebanyak 1 persen lebih tinggi daripada penutupan sebelumnya dalam menit-menit awal perdagangan. Yuan menguat terhadap Dolar AS ke angka 6.51 dengan diperdagangkan pada kisaran 6.5169 terhadap Dolar AS.

Analis dari Scotiabank mengatakan bahwa rate harian USD/CNY tidak akan sepenuhnya ditentukan oleh pasar mengingat dampaknya yang cukup luas. Hal ini berarti, yang paling ditakutkan oleh pasar adalah apabila Yuan terdevaluasi dan menjadi kompetitf dengan mata uang mayor lainnya.

sf_160011_260136_yuan_dolar_2 Rate Harian Yuan Hari Ini Dibiarkan Menguat Tajam