in Berita Pasar by lilik
amerika-factory Preview: PMI Manufaktur AS Bulan April 2016
erkiraan lebih dahulu dari outlook manufaktur AS bulan April yang disurvei oleh Markit membaik menjadi 52 dari sebelumnya di bulan Maret 51.5. Ini adalah kenaikan bulanan kedua setelah kejatuhan mendadak di bulan Januari dan Februari.

Pelajaran yang paling penting adalah bahwa kejatuhan yang tiba-tiba dari sentimen belakangan ini dan data riil adalah biasa selama masa pemulihan baik dahulu maupun sekarang.

Signal yang positip dari sektor manufaktur bisa membuat the Fed menjadi lebih “hawkish”. Depresiasi dolar AS telah membuat indeks dolar AS kembali ke level di bulan Oktober 2015, dan EURUSD diperdagangkan mendekati puncak dari range trading 2015-2016.

Dolar AS yang melemah dan sektor manufaktur yang menguat bisa mendorong investor untuk mempertanyakan ke “dovish”an dari Federal Reserve baru-baru ini dan mulai mempersiapkan untuk kenaikan tingkat bunga yang kedua, kemungkinan di bulan Juni. Pasar kemungkinan mulai memperhitungkan hal ini sekarang.

Investor kelihatannya lebih memilih survei ISM daripada Markit, tetapi dengan hari perdagangan yang tidak begitu ramai dan pertemuan dari the Fed semakin mendekat, hal ini perlu diperhatikan.