in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental Penjualan Ritel AS Goyahkan Emas
Panduan fundamental harian

Kegaduhan-kegaduhan ekonomi global yang hadir pada akhir minggu lalu cukup memberi harapan bagi emas untuk investor mengambil inisiatif mengoleksi portfolio safe haven commodity ini.

Potensi ini memang tidak bisa dihindari ketika kegaduhan ekonomi global yang pastinya membuat investor mengamankan posisi investasi sesaat sebelum pokok permasalahan kegaduhan tersebut teratasi sehingga tidak menimbulkan seperti kegaduhan ekonomi 2008 -2009 lalu.
Namun tim melihat bahwa kondisi seperti ini nampaknya tidak terlalu lama terjadi karena kondisi ini hanya ada di Uni Eropa, sedangkan di kawasan asia dan AS kondisi perekonomiannya sedang menuju ke pemulihan.

Jadi menurut tim potensi beli emas mempunyai masa yang tidak panjang pula dibanding posisi jual emas.

Menurut tim riset Financeroll bahwa kondisi berakhirnya kenaikan emas dapat terjadi bila data penjualan ritel AS yang akan terlampir hari ini akan mengalami perbaikan dibanding periode sebelumnya.

Tim melihat bahwa penjualan ritel AS hari ini bisa membaik karena situasi tenaga kerja AS dan daya beli konsumen AS akhir-akhir ini mengalami kondisi yang membaik sehingga kinerja toko-toko kelontong di AS juga membaik dan dapat membantu laju pertumbuhan ekonomi AS.

Bila laju pertumbuhan ekonomi AS merangkak naik maka kesempatan kenaikan suku bunga AS juga terbuka lebar, sehingga potensi jual emas lebih aman ketimbang potensi beli emas seperti yang kita bahas pada analisa fundamental minggu ini.

Semoga bermanfaat