AmerikaRetail Penjualan Ritel AS April Naik Tertinggi Dalam Setahun
Penjualan ritel AS pada bulan April mencatat kenaikan terbesar dalam satu tahun dengan orang Amerika meningkatkan pembelian mobil dan berbagai barang lainnya, menunjukkan ekonomi itu mendapatkan kembali momentum setelah pertumbuhan hampir terhenti pada kuartal pertama.

Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Jumat (16/05), penjualan ritel melonjak 1,3 persen bulan lalu, kenaikan terbesar sejak Maret 2015. Penjualan ritel Maret direvisi untuk menunjukkan penurunan 0,3 persen bukan penuruan yang dilaporkan sebelumnya 0,4 persen.

united-states-retail-sales-1 Penjualan Ritel AS April Naik Tertinggi Dalam Setahun
Termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan jasa makanan, penjualan ritel melonjak 0,9 persen bulan lalu setelah kenaikan direvisi naik 0,2 persen pada Maret. Ini disebut penjualan ritel inti sesuai paling dekat dengan komponen belanja konsumen dari produk domestik bruto.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan penjualan ritel naik 0,8 persen dan penjualan ritel inti mendapatkan 0,3 persen bulan lalu.

Lihat : Bursa Wall Street Akhir Pekan Turun; Dow Jones Dan S&P Turun 3 Minggu Berturut

Peningkatan luas dalam penjualan ritel bulan lalu adalah mendukung sektor yang telah berjuang dengan permintaan naik, dan menunjukkan pertumbuhan ekonomi adalah naik setelah pengereman ke tingkat tahunan 0,5 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Ekonomi tumbuh pada kecepatan 1,4 persen pada kuartal keempat. Penjualan ritel telah lamban sebagian karena penguatan pasar tenaga kerja belum menghasilkan pertumbuhan upah yang kuat.

Ekonom juga mengatakan bahwa beberapa memperoleh bensin lebih murah dibandingkan satu setengah tahun yang lalu yang telah diserap oleh meningkatnya harga sewa dan biaya perawatan medis.

Pengecer seperti Macy dan Nordstrom minggu ini melaporkan penurunan tajam dalam penjualan kuartalan dan menurunkan perkiraan keuntungan setahun penuh mereka.

Pada bulan April, penjualan mobil naik 3,2 persen, kenaikan terbesar sejak Maret 2015, setelah merosot 3,2 persen pada Maret. Penerimaan di stasiun layanan meningkat 2,2 persen, mencerminkan kenaikan harga bensin baru-baru ini.

Penerimaan di toko pakaian melonjak 1,0 persen, kenaikan terbesar sejak penjualan ritel Mei 2015. Penjualan online melonjak 2,1 persen, kenaikan terbesar sejak Juni 2014. Penerimaan di barang olahraga dan toko hobi naik 0,2 persen bulan lalu.

Penjualan di outlet elektronik dan alat meningkat 0,5 persen. Bahan bangunan dan toko peralatan taman penerimaan, bagaimanapun, turun 1,0 persen bulan lalu, penurunan terbesar sejak Agustus. Penjualan di restoran dan bar naik 0,3 persen.