in Berita Pasar by heri
mario1 Pasca Pidato Draghi, EURUSD Merosot
Pergerakan pasar mata uang di hari Senin(15/2), euro mengalami penurunan tajam terhadap dollar AS pasca pidato Presiden Bank Sentral Eropa malam ini.

Pasangan EURUSD terpantau alami penurunan sebesar 0.68% dengan diperdagangkan pada level 1.1178. Sedangkan terhadap mata uang utama lainnya, pasangan EURGBP terpantau melemah 0.47% di level 0.7724 dan EURJPY menguat 0.07% di level 127.57.

Euro terpantau alami pelemahan tajam terhadap dollar AS pada malam ini, setelah dirilisnya hasil pidato Presiden Bank Sentral Eropa malam ini. Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa minggu pertama di tahun 2016 ini, zona euro telah bertemu dengan beragam tantangan yang besar untuk dihadapi.

Mario Draghi menjelaskan bahwa dibutuhkan upaya yang lebih keras dari seluruh para pembuat kebijakan guna mengantisipasi masalah hambatan pemulihan yang lebih luas. Sejak bulan Desember, secara umum penurunan pemulihan ekonomi telah terjadi, sehingga hal tesebut mempengaruhi sentimen pasar yang telah terlihat pada pekan lalu.

Presiden Bank Sentral Eorpa Mario Draghi juga menegaskan bahwa pemulihan ekonomi di zona euro akan melaju dengan kecepatan yang “moderate”. Terkadang, sentimen pasar juga terlihat mengalami penurunan dan sangat rentan.

Sementara itu, perhatian pasar pada pekan ini tengah tertuju kepada hasil pertemuan kebijakan Bank Sentral AS yang dijadwalkan akan dilaporan di hari Kamis dini hari mendatang. Namun pada hari ini, minimnya laporan fundamental ekonomi dunia hingga nanti malam cenderung membawa pergerakan pasar yang lebih tenang, mengingat pasar AS tengah libur dalam memperingati hari Presiden.