in Berita Pasar by yeremia
Sedangkan terhadap Yen, Dolar AS mulai mengungguli mata uang Jepang tersebut secara signifikan. USD menembus level tinggi dua pekan di angka 109.88 terhadap Yen, mengangkat saham-saham eksportir Jepang seperti saham produsen ban terbesar Bridgestone Corp, yang naik 2.2 persen, serta saham Toyota yang naik 2.6 persen seiring dengan penguatan USD/JPY.

Menurut Andrew Meredith, co-manager di Tyton Capital Advisors kepada Reuters, para pelaku pasar saat ini sudah lebih percaya diri terhadap ekspektasi mereka akan kebijakan BoJ pekan depan yang tetap akan mempertahankan kebijakan longgar di samping Yen yang akan melanjutkan penurunan. Kondisi ini, lanjut Meredith, seiring dengan gejolak harga minyak yang mulai merangkak naik 4 persen di sesi perdagangan malam tadi.

Dolar Komoditas
USD/CAD meraih level tinggi 9 setengah bulan di angka 1.2593 dan sudah naik lagi ke level 1.263 saat berita ini ditulis. Sedangkan mata uang komoditas lainnya, AUD, mengalami sedikit penurunan pagi ini menyusul data survei bisnis NAB, dengan AUD/USD yang menduduki level 0.7809, masih di level tinggi. Harga minyak Brent kini berada pada kisaran $45.47, sedangkan WTI di sekitar $43.87, sudah naik dari level rendah kemarin seiring dengan bubarnya aksi mogok pekerja tambang minyak di Kuwait.