benarkah-ada-kandungan-minyak-bumi-di-jakarta Pagi Ini, Harga Minyak Naik
Berita komoditas dunia di hari Selasa(26/4), harga minyak terpantau naik dengan diperdagangkan pada zona positif dimana terdorong oleh melemahnya dollar AS dan besarnya dana segar yang mengalir ke dalam pasar. Meski demikian, analis memperingatkan bahwa fundamental masih tetaplah memberi dampak buruk bagi harga pasar karena laju produksi yang terus meningkat di Timur Tengah.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, minyak West Texas Intermediate kontrak bulan Juni naik 0.91% di level $43.03 per barel di NYMEX, AS. Harga minyak WTI pagi ini terpantau telah bergerak menyentuh level low di $42.83 dan level high di $43.16. Sedangkan minyak patokan Eropa, Brent Oil kontrak bulan Juli naik 0.70% dengan diperdagangkan pada level $44.63 per barel di ICE Futures Europe exchange, London.

Standard Chartered Bank mengatakan bahwa pasar global sudah dekat dengan waktu penyeimbangan dimana hal tersebut juga disertai oleh proses pencapaian harga terbaik dalam beberapa bulan kedepannya.

Sementara itu, kekhawatiran atas meluapnya angka produksi minyak dari Timur Tengah masih menjadi hambatan utama laju harga minyak untuk alami kenaikan. Arab Saudi melaporkan bahwa mereka telah melakukan ekspansi ladang produksi minyak Shaybah di bulan Juni, sehingga akan menekan jumlah produksi sebanyak 12 juta barel per hari.

Di tempat lain seperti di Negara Iran, hasil produksi minyak sendiri telah mengalami kenaikan sebanyak 1 juta barel per hari sejak awal tahun 2016 ini dan di Kuwait produksi minyak diperkirakan naik mencapai 3.15 juta barel per hari di bulan Juni mendatang.