in Berita Pasar by heri
Emas Pagi Ini, Emas Berjangka Tertekan
Pergerakan harga komoditas dunia di hari Jumat(1/4), emas berjangka dan perak terpantau diperdagangkan lebih rendah pasca dirilisnya laporan fundamental ekonomi Tiongkok pagi ini. Di tempat lain, fokus pasar dalam mengakhiri pekan ini telah tertuju kepada laporan pertumbuhan pasar tenaga kerja di wilayah Amerika.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka kontrak bulan Juni terpantau turun 0.18% dengan diperdagangkan pada level $1.233.20 per troy ounce di divisi Comex, AS. Sedangkan untuk perak berjangka kontrak bulan perak berjangka kontrak bulan Mei terpantau turun 0.28% di level $15.420 per troy ounce.

Harga komoditas dunia pagi ini terpantau alami penurunan, yang mana terlihat adanya tekanan kembali pada harga emas dan perak pasca dirilisnya laporan fundamental ekonomi Tiongkok. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh CFLP menyebutkan bahwa PMI Manufaktur Tiongkok mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 50.2 di bulan Maret dari 49.0 di bulan Februari. Pada laporan terpisah lainnya yang dirilis oleh Markit menyebutkan bahwa PMI Manufaktur Tiongkok mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 49.7 di bulan Maret dari 48.0 di bulan Februari.

Sebenarnya, peningkatan kembali aktiftas manufaktur di wilayah Tiongkok yang mana mengalami ekspansi di bulan Maret telah menjadi bagian penting guna memacu kembali pertumbuhan ekonomi global. Di sisi lain, kami menilai bahwa besarnya pengaruh industri Tiongkok juga mampu mendorong harga serta daya beli minyak mentah dunia dalam beberapa waktu ke depan.

Sementara itu, perhatian pasar pada hari ini tengah tertuju kepada hasil data manufaktur Tiongkok dan dilanjutkan dengan laporan pasar tenaga kerja dan manufaktur di wilayah Amerika. Padatnya laporan hari ini diperkirakan mampu memberikan gejolak pergerakan pasar forex maupun komoditas dunia dalam menutup pekan ini.