Pendapat Bullard itu senada dengan dua pejabat The Fed lainnya, Williams dan Lockhart, yang pada Selasa lalu mengatakan bahwa kenaikan tingkat suku bunga acuan AS kemungkinan bisa dinaikkan secepat-cepatnya pada rapat FOMC bulan April mendatang sembari menyatakan bahwa perekonomian AS menunjukkan figur yang solid walaupun ekonomi di luar AS sedang bergejolak.

Menurut analis Reuters, pasar memprediksi bahwa The Fed hanya akan sekali menaikkan suku bunga lagi tahun ini dan para dealer mencurigai bahwa “paduan suara” pejabat The Fed yang menyebutkan kenaikan suku bunga pada April mendatang merupakan upaya yang memang disusun oleh The Fed untuk membuat pasar mengubah pikiran.

“Saat ini sudah muncul spekulasi (kenaikan suku bunga) bulan April, karena (komentar) Bullard relatif menambah retorika optimis The Fed pada pekan ini,” tulis analis Reuters, Wayne Cole. Fokus saat ini kembali ke Ketua The Fed Janet Yellen yang akan berbicara dalam ajang Economic Club di New York Selasa depan. Kemungkinan pidat Yellen tersebut akan memberikan pencerahan tentang masalah ini.

z?s=EURUSD=X&t=7d "Paduan Suara" Untuk Ubah Paradigma Pasar