in Berita Pasar by yeremia
Dolar New Zealand naik ke level tinggi 10 bulan di sesi perdagangan Selasa malam tadi karena berlanjutnya reli harga komoditas dan meningkatnya harga produk olahan susu yang merupakan ekspor terbesar bagi New Zealand. NZD/USD naik ke level tinggi 0.7044 pada sesi perdagangan New York malam tadi, tetapi pagi ini, NZD/USD sudah kembali turun menjejaki level 0.7020 saat berita ini ditulis.

Harga minyak masih memperpanjang pemulihannya dari kemerosotan yang terjadi di hari Senin lalu setelah para investor dikecewakan oleh kegagalan negara-negara produsen minyak untuk mencapai kesepakatan pembekuan output minyak. Kondisi itu menjadi celah penguatan bagi mata uang-mata uang yang sensitif komoditas termasuk Kiwi. Perolehan yang melebihi ekspektasi pada harga produk olahan susu juga menjadi tambahan dorongan bagi NZD/USD.

“Hasil yang cukup positif dari lelang GDT malam tadi (+3.8%) memungkinkan berlanjutnya kenaikan momentum,” kata Kimberly Martin, Ahli Strategi Bank of New Zealand dalam catatannya yang dirangkum oleh NBR. Kiwi yang berada di level tinggi, menurut Martin, sudah melebihi rata-rata kenaikan 4% yang diproyeksikan oleh RBNZ pada kebijakan moneternya di bulan Maret lalu.

sf_112125_TM1461126058_nzd_d NZD/USD Terkonsolidasi Di Bawah Level Puncak Pasca Lelang GDT NZ