Di sisi lain, sesi perdagangan Eropa yang sangat tenang pada sore ini, menunggu para pejabat ECB yang dijadwalkan akan berpidato dalam konferensi di Frankfurt hari ini. Sedangkan kemarin, salah seorang pejabat ECB, Ewald Nowotny, memberikan komentarnya tentang suku bunga ECB.

Nowotny mengatakan bahwa suku bunga negatif dibutuhkan untuk menghindarkan Zona Euro dari deflasi. Dalam wawancaranya dengan salah satu hari Austria itu, nampak jelas bahwa Nowotny berusaha membantu memperkuat argumen-argumen Draghi dalam menghadapi kritik-kritik tajam dari Jerman.

“Anda harus mendiskusikan suku bunga negatif dalam konteks yang lebih luas,” kata Ketua Bank Sentral Austria itu. Kebijakan moneter adalah bagian dari upaya Bank Sentral Eropa untuk menstabilisasi situasi ekonomi Eropa setelah diterpa sejumlah krisis. “Sekarang (yang terpenting adalah) bagaimana mencegah Eropa agar tak terjerumus ke deflasi.” tutur Nowotny.

Secara pribadi, ia setuju saja jika suku bunga harus kembali dinaikkan dengan segera. Lebih cepat, lebih baik, tetapi, harus pada saat kondisinya tepat. “Hal ini (kenaikan suku bunga ECB) akan terjadi segera begitu perekonomian berjalan dengan baik, aktivitas bisnis meningkat, dan inflasi mulai naik pula.” tutup Nowotny.

z?s=EURUSD=X&t=7d Nowotny Dukung Draghi