in Berita Pasar by yeremia
Yen Jepang menghentikan perolehan tujuh harinya terhadap Dolar AS hari ini (12/04) begitu Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso, mengatakan bahwa pemerintah Jepang siap untuk bertindak (intervensi) apabila pergerakan Yen sudah terlalu berlebihan.

Mata uang itupun bereaksi dengan menyurutkan penguatannya terhadap 16 mata uang mayor lainnya sebelum digelarnya pertemuan antara para petinggi bank sentral dan menteri-menteri ekonomi anggota G-20 minggu ini. Jepang akan mengambil “tindakan yang sesuai” apabila pergerakan yen terlalu ekstrim, kata Aso hari ini seperti yang dikutip oleh Bloomberg. Aso juga menyatakan kesetujuaannya terhadap hasil pertemuan di Shanghai beberapa waktu bahwa pergerakan (yen) seperti belakangan ini buruk untuk perekonomian.

Yen sudah meroket menuju level terkuat 17 bulan terhadap Dolar AS pada hari Senin kemarin, dan Eisuke Sakakibara, mantan pejabat Kementerian Keuangan Jepang memperkirakan bahwa USD/JPY mungkin akan terapresiasi hingga 105 dalam beberapa bulan ke depan.

sf_120610_262827_yen_bomwaktu Menkeu Jepang Nyatakan Siap Intervensi, Penguatan Yen Mereda