in Berita Pasar by yeremia
Sore ini, pasar menanti pengumuman survei ZEW Jerman untuk bulan April yang diperkirakan akan mencetak kenaikan di samping juga data tentang neraca berjalan Zona Euro untuk bulan Februari yang akan segera rilis juga sore ini. (Baca juga: Peluang Trading EUR/USD Dengan Indeks ZEW Jerman 19 April 2016)

Angka indeks Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung (ZEW) atau Centre for European Economic Research ini dibuat berdasarkan survey terhadap kurang lebih 350 investor dan analis di Jerman mengenai pandangannya terhadap perekonomian kawasan Euro pada umumnya dan Jerman pada khususnya untuk 6 bulan mendatang. ZEW Jerman dan Zona Euro dirilis bersamaan, tetapi ZEW Jerman lebih berdampak mengingat negara tersebut merupakan negara ekonomi terkuat di Zona Euro.

“Euro mulai menanjak menjelang laporan data ekonomi dari ECB, namun bisa masuk lagi lebih dalam ke lubang penurunan apabila ECB memberi petunjuk tentang penambahan stimulus. ECB akan merilis survei pinjaman bank hari ini, dan dapat menyediakan sejulah petunjuk akan efektivitas pertumbuhan kredit di Zona Euro,” kata Jasper Lawler, analis pasar CMC Markets di Inggris kepada WBPOnline.

Dari sisi Dolar AS, data housing starts AS untuk bulan Maret diperkirakan akan jeblok dari 1,178K ke angka 1,166K, dengan proyeksi penurunan MoM sebanyak 1.1 persen, sedangkan data perijinan bangunan diperkirakan akan mengalami kenaikan.

z?s=EURUSD=X&t=7d Menanti Laporan ZEW Jerman