Analisa-Fundamental Klaim Pengangguran AS Angkat Harga Emas
Panduan Fundamental 24 Maret 2016

Beberapa hari perdagangan pada minggu ini kondisi harga emas memang tidak terlalu menguntungkan bagi produsen tambang tersebut karena tidak berhasil menembus level 1300.

Hantaman harga emas meskipun tipis memang hanya terpengaruh oleh kinclongnya index dollar ketika beberapa pejabat the Fed meyakinkan pasar bahwa the Fed akan menjauhi zona suku bunga 0% dalam waktu dekat.

Hari ini memang ada beberapa data seperti data penjualan retail Inggris dan data order barang AS yang kedua-duanya adalah mewakili sebagian besar data pertumbuhan ekonomi. Namun tim riset Financeroll melihat potensi klaim pengangguran AS yang memang terjadwal setiap minggu di release bisa mencerahkan harga emas kali ini.

Tim melihat dan memperkirakan bahwa pengajuan klaim pengangguran di minggu ini terintip mengalami kenaikan disebabkan oleh index partisipasi kerja AS mengalami trend penurunan akhir-akhir ini. Bila kondisi klaim pengangguran meningkat pada empat minggu terakhir ini maka kondisi nonfarm Payrolls di bulan mendatang dapat dipastikan akan mengalami penurunan dan membuat harga emas kembali ceria.

Namun tim riset Financeroll juga perlu memperingatkan para investor dan trader kalaupun ada potensi verbal intervensi atau pernyataan dari pejabat the Fed dikemudian hari maka koreksi harga emas akan segera muncul kembali karena pernyataan atau verbal intervensi the Fed tersebut lebih kearah mencerahkan index dollar dari pada harga emas.