in Berita Pasar by yeremia
Tingkat pengangguran Australia secara tak terduga merosot ke level terendah dalam dua setengah tahun terakhir di Maret lalu, merefleksikan kenaikan dalam kepercayaan bisnis dan mensinyalkan ketidakperluan RBA untuk kembali melonggarkan kebijakan dalam waktu dekat.

Data-data ketenagakerjaan Australia yang dirilis pada Kamis (14/04) pagi ini terinci sebagai berikut:

Tingkat Pengangguran menurun ke 5.7 persen dari 5.8 persen; para ekonom memprediksi pengangguran Australia justru akan naik ke 5.9 persen.
Lapangan kerja naik 26,100 dari bulan Februari; perkiraan ekonom adalah kenaikan sebanyak 17,000
Lapangan kerja purnawaktu menurun hingga 8,800 sedangkan lapangan kerja paruh waktu meningkat hingga 34,900
Tingkat partisipasi, yang mengukur tenaga kerja dibanding populasi, mencapai level 64.9 persen, sementara prediksi para ekonom adalah 65 persen.
Laporan itu sekaligus menunjukkan level pengangguran terendah yang dicapai oleh Australia sejak tahun 2013, menawarkan bukti lebih jauh bahwa tingkat suku bunga rendah yang diterapkan oleh RBA berhasil membantu menghidupkan kembali perindustrian Australia antara lain sektor konstruksi, pariwisata, dan pendidikan seiring dengan membanjirnya sumber daya yang ada. Akan tetapi, outlook invetasi bisnis masih lemah dan membayangi China sebagai negara partner terbesar perdagangan utama Australia.

sf_101610_TM1460603764_employ Ketenagakerjaan Australia Kian Bugar, AUD/USD Tak Banyak Bergeser