in Fundamental by yeremia
Keyakinan investor di luar Eropa meningkat menjelang penutupan sesi perdagangan AS begitu fokus mereka kembali teralihkan pada sinyal-sinyal pertumbuhan global. Hal ini memicu investor untuk kembali berpindah dari mata uang safe haven ke Dolar dan mata uang-mata uang berimbal hasil tinggi lainnya.

“Walaupun berbagai peristiwa terjadi di luar sana, secara umum, sentimen pasar tentang pertumbuhan, dan sentimen pasar tentang China masih berlanjut makin positif dan makin optimis,” kata Jonathan Lewis, Kepala Investasi di Fiera Capital Inc di New York yang diwawancarai oleh Reuters.

Perilaku investor tersebut menguatkan Dolar Kanada dan Dolar Australia pagi ini. Kedua mata uang tersebut mengandung risiko yang cukup besar karena keterkaitannya dengan harga komoditas. Akan tetapi, Dolar Kanada dan Dolar Australia masih menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada Dolar AS.

Menurut Boris Schlossberg di BK Asset Management, makin tidak stabil kondisi di Eropa maka makin sulit bagi Euro untuk mempertahankan levelnya. Belum lagi fakta yang terjadi di Brussels, yang secara tak tertulis berfungsi sebagai “ibukota” bagi Zona Euro, menurut Schlossberg, memberikan dampak yang besar bagi pasar. Secara umum, telah muncul ketidakpastian dalam pasar saat ini karena tak ada yang bisa memperkirakan apa yang akan terjadi berikutnya.

z?s=EURUSD=X&t=7d Kembali Ke Ekonomi Global