Harga minyak dunia merosot sekitar 3 persen pada perdagangan hari Senin dan belum mampu bangkit lagi hari Selasa pagi ini (5/10), seiring dengan terkendalinya kebakaran besar di wilayah Alberta, Kanada, yang sebelumnya mengancam output produksi minyak negara tersebut untuk menyusut hingga 1 juta barel per hari.

Kebakaran dahsyat di pusat oil sands Alberta mulai dikabarkan menyebar tanggal 1 Mei dan gagal dikendalikan hingga terus membesar dalam beberapa hari kemudian. Peristiwa tersebut mengakibatkan sedikitnya tiga perusahaan minyak mayor untuk merilis pemberitahuan force majeure dimana mereka tidak akan bisa memenuhi kontrak pengiriman hingga akhir bulan. Ekspor minyak Kanada pun sempat diproyeksikan bakal susut hingga 1 juta bph, atau seperempat dari total produksi biasanya.

Namun, para pejabat Kanada baru-baru ini menunjukkan optimisme karena cuaca yang membaik mulai membantu para pemadam kebakaran dalam mengendalikan api. Kebakaran pun diberitakan telah bisa dihalau dari pusat oil sands, meskipun belum diketahui kapan aktivitas operasional produksi bisa dimulai kembali.

Harga minyak sempat melonjak akhir pekan lalu akibat kabar kebakaran tersebut, tetapi kembali melandai sejalan dengan terpecahkannya masalah tersebut. Dengan para spekulator telah memegang posisi long minyak dalam jumlah besar, ditengarai peluang bagi minyak untuk naik lebih tinggi cenderung terbatas tanpa adanya kejelasan tentang seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebut.

Turut mendukung pelemahan harga minyak kembali adalah laporan dari perusahaan riset Genscape pada hari Senin yang mensinyalir terjadi penambahan inventori sebanyak 1.4 juta barel di pusat penyimpanan minyak WTI di Cushing, Oklahoma. Di samping itu, reshuffle kabinet di Arab Saudi pun menciptakan sentimen bearish yang cukup pekat.

Pada hari Senin, minyak WTI ditutup merosot 2.7% pada $43.44 per barel, sedangkan minyak Brent anjlok 3.8% ke $43.61 per barel. Saat berita ini diangkat, WTI masih di kisaran $43.27 dan Brent pada $43.67.

c_sf_094231_264253_canada-wildfire Kebakaran Kanada Terkendali, Harga Minyak Ambruk Lagi