in Berita Pasar by lilik
Indeks-harga-Konsumen-Eropa-bulan-Maret-2016-positif-Euro-terdorong-menguat-696x392 Indeks harga Konsumen Eropa bulan Maret 2016 positif, Euro terdorong menguat
Pada sore hari ini pukul 16.00 Wib statistik Eropa merilis data CPI Flash Estimate y/y,data ini adalah Perubahan harga barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen. Dan hasilnya ada kenaikan dari -0,2% menjadi -0,1% sesuai dengan perkiraan.

Dan diwaktu yang sama juga dirilis data Core CPI Flash Estimate y/y, data ini adalah perubahan harga barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen, tidak termasuk makanan, energi, alkohol, dan tembakau. Dan hasilnya ada kenaikan dari 0,8% menjadi 1.0%, diatas perkiraan 0.9%.

Nilai dari harga konsumen merupakan penilaian mayoritas inflasi secara keseluruhan dan Inflasi merupakan hal yang penting untuk penilaian mata uang karena kenaikan harga cenderung akan mendorong bank sentral untuk menaikkan suku bunga untuk menjaga kestabilan laju inflasi.

Hasil data ini yang cenderung positif dapat mendorong penguatan mata uang Euro. Diprediksi EURUSD dapat menguat kearah level tertinggi (high) sebelumnya dalam grafik harian di level 1.1387, jika tembus kea rah level tertingginya sebelumnya di level 1.1495. Jika tidak berhasil tembus level 1.1387, EURUSD dapat turun kearah level fibo retrachment 23,6 di grafik harian di level harga 1.1352. Setelah kembali naik lagi mengikuti trend bullish-nya.