in Berita Pasar by yeremia
Di samping itu, pada sesi perdagangan malam nanti, Fonterra dijadwalkan akan kembali menggelar lelang produk olahan susu dua mingguannya. Dua minggu lalu, NZD/USD melonjak mencapai level tinggi 10 bulannya ke angka 0.7052, setelah data CPI New Zealand tercatat sedikit lebih baik daripada ekspektasi pasar.

Sedangkan indeks GDT, turut menyumbang penguatan dengan kenaikan sebanyak 3.8 persen. Meski indeks GDT New Zealand telah membukukan kenaikan dalam dua lelang terakhir, levelnya masih 14 persen lebih remdah daripada level yang tercapai pada bulan April 2015, dan sudah turun sekitar 55 persen dari puncak yang tercapai di awal tahun 2014.

“Jadwal lelang GDT dalam beberapa jam lagi, tampaknya akan menjadi kunci determinan terhadap nasib NZD dalam 24 jam ke depan,” kata Ahli Strategi Mata Uang BNZ, Kimberly Martin, dalam catatannya yang dikutip oleh WBPOnline. “Kami berharap hasil lelang nantinya dapat melanjutkan peningkatan sedang yang sudah terbentuk dalam beberapa waktu terakhir.”

Analis juga menyebutkan bahwa Dolar Kiwi kemungkinan akan mendapatkan pengaruh dari kebijakan RBA yang akan dirilis sesaat lagi. Sebagai informasi, RBNZ pada pekan lalu memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya di level 2.25 persen.

z?s=NZDUSD=X&t=7d Hasil Lelang Susu GDT Malam Nanti Pengaruhi Kiwi