benarkah-ada-kandungan-minyak-bumi-di-jakarta Harga Minyak Bergerak Turun
Harga minyak mentah turun pada hari Senin di tengah harapan para investor akan penurunan rig minyak AS yang berpotensi mengurangi kelebihan pasokan sementara belanja konsumen yang kuat di negara itu akan memicu permintaan minyak.

Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah light, sweet untuk pengiriman April diperdagangkan pada $ 32,42 per barel, turun $ 0,35 atau 1,1% di sesi elektronik Globex. Brent untuk kontrak April di bursa ICE Futures London turun $ 0,16 ke $ 35,27 per barel.

Angka pembelanjaan konsumen AS tumbuh pada bulan Januari di jalur tercepat dalam delapan bulan, dikarenakan pasar kerja dan keuntungan upah yang kuat mendorong kecenderungan Amerika untuk melakukan aksi belanja.

Kelebihan pasokan dan pertumbuhan permintaan yang rendah telah mendorong harga turun sekitar 70% sejak pertengahan 2014. Kami memperkirakan bahwa harga yang masih rendah memaksa beberapa produsen seperti di Amerika Utara, untuk memangkas produksi dalam rangka meminimalkan biaya.

Data terbaru yang dirilis oleh Administrasi Informasi Energi AS menunjukkan produksi minyak AS terus berada di downtrend, jatuh menjadi 9,1 juta barel per hari di akhir pekan yang berakhir tanggal 19 Februari.

Pekan lalu, jumlah minyak rig AS juga turun lebih lanjut sebesar 26 menjadi 413, menurut sebuah laporan oleh kelompok industri Baker Hughes. Jumlah rig pengeboran minyak AS yang dipandang sebagai proxy untuk kegiatan di industri minyak, telah turun tajam sejak harga minyak mulai turun.