Gold-Invest-in-hand Harga Emas Turun Sejenak
Harga emas pada perdagangan awal Asia di hari Senin (9/5) tampak melemah sejenak. Ditengah dari minutes Bank sentral Jepang yang melihat beberapa anggota Dewan memukul sasaran inflasi dalam arus perkiraan.

Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Juni turun 0.37% menjadi $1,289.45 troy ons. Bank of Japan menerbitkan minutes dari pertemuan kebijakan bulan April, yang menyarankan beberapa harapan dari target 2% inflasi yang berkelanjutan dan perlu untuk didorong kembali.

Data data bulanan Tiongkok yang dikeluarkan pada hari Minggu kemarin, menunjukkan bahwa harga ekspor dan impor jatuh lebih dari yang diharapkan pada bulan April, ditambahkan kekhawatiran atas kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia ini. Pada saat yang sama, cadangan valuta asing mengalami kenaikan secara berturut-turut dalam bulan ini.

Seperti diketahui, bangsa Asia adalah konsumen tembaga terbesar di dunia, hampir 45% dari konsumsi dunia. Ekspor terpuruk 1,8% dari tahun sebelumnya, lebih buruk daripada perkiraan penurunan sebesar 0,1%, sementara impor turun 10.9%, dibandingkan dengan harapan untuk kejatuhan 5.0%. Tiongkok surplus sebesar $ 45.6 miliar bulan lalu, seperti yang dikatakan Bea Adminsitrasi Umum dalam laporannya.

Negeri panda ini juga akan menerbitkan data konsumen dan inflasi produsen pada bulan April pada esok hari. Diikuti oleh laporan produksi industri, aset investasi tetap dan penjualan ritel pada hari Jumat malam. Minggu depan, investor akan terus berfokus pada laporan ekonomi AS, guna mengukur outlook ekonomi terbesar di dunia dalam menahan lebih lanjut kenaikan tingkat suku bunga tahun 2016.

Pada pekan lalu, harga emas rally hampir 2% pada hari Jumat, setelah data menunjukkan ekonomi AS menambahkan jumlah paling sedikit pekerjaan dalam tujuh bulan pada bulan April, menaikkan keraguan pada apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak turun -0.33% di level $17.470 troy ons, dan tembaga juga turun -1.16% di level $2.127 troy pound.