[sdf_hero id=”sdf-row-1″ last=”yes”][sdf_col id=”sdf-col-1″ width=”1/1″][sdf_text_block id=”sdf-element-0″ module_width=”1/1″ top_margin=”” bottom_margin=”” text_alignment=”left” font_family=”” font_size=”” text_color=”” entrance_animation=”No” entrance_animation_duration=”” link=”” link_title=”” target=”” nofollow=”no” class=””]Harga emas turun lagi di sesi Asia pada hari Rabu (9/03) seiring dengan kenaikan harga konsumen China yang bergerak lebih cepat daripada yang terlihat pada bulan Februari, jelang hasil penetapan suku bunga oleh ECB nanti.

Peningkatan harga konsumen di China bergerak cepat bila dibandingkan di bulan Februari, memperkecil kemungkinan kelonggaran moneter dalam menanggulangi pertumbuhan lambat. CPI China pada bulan Februari meningkat 1.6% (MoM), diatas peningkatan 1.1% yang diharapkan. Sedangkan untuk per tahunnya inflasi mencapai 2.3%. Data harga produsen jatuh sebesar 4.9% YoY seperti yang sudah diprediksi.

Selain itu, emas futures menurun tiga sesi berturut- turut bersamaan dengan menguatnya harga minyak dan peningkatan sedikit dalam saham AS yang mengurangi daya tarik investasi logam tersebut. Peningkatan pada saham AS pada hari Rabu kemarin (9/03) seiring dengan harga minyak reli -0.16%, membuat beberapa investor menjauhi emas.

Dalam divisi Comex pada New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman bulan April merosot sampai 0.55%, ke 1,250.50 dolar per troy ounce. Sementara itu, pengiriman perak futures untuk bulan Maret juga jatuh 0.68% sampai 15.280 dolar per troy ounce, sedangkan pengiriman tembaga futures turun 0.22% sampai 2.229% per pound. Emas terus mengalami penurunan sejak malam sampai sesi Asia.

Penurunan harga emas ini terjadi jelang rapat ECB. Para ahli ekonomi dan investor secara luas mengharapkan ECB bisa memotong suku bunga paling tidak 10 basis poin dan memperluas program pembelian obligasi dalam usaha untuk menggerakkan inflasi dan pertumbuhan yang terus menerus dibawah target. Perlu juga diketahui bahwa setiap keputusan yang berkebalikan dengan ekspektasi akan mengganggu volatilitas trading logam, salah satunya adalah emas.[/sdf_text_block][sdf_image id=”sdf-element-1″ module_width=”1/1″ title=”” alt_text=”” image=”http://www.seputarforex.com/sfmateri/c_sf_131140_TM1457590289_EmasTurun.jpg” top_margin=”” bottom_margin=”” entrance_animation=”No” entrance_animation_duration=”” image_alignment=”left” image_size=”sdf-image-md-12″ image_shape=”square” lightbox=”no” link=”” link_title=”” target=”” nofollow=”no” class=””][/sdf_image][/sdf_col][/sdf_hero]