in Berita Pasar by heri
Lukman-Gold-15 Harga Emas Terkoreksi
Emas terkoreksi di sesi perdagangan Asia pada awal pekan, Senin (18/4). Seiring pula dari gagalnya pembicaraan untuk membekukan output oleh para produsen minyak utama.

Divisi Ne York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Juni turun 0.14% di level $1,236.40 troy ons. Banjirnya pasokan minyak terus terjadi, menjaga inflasi di banyak negara memungkinkan bank sentral mengeluarkan kebijakan moneter.

Bank Sentral Eropa akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada hari Kamis mendatang dan data pada zona euro akan melaporkan data pada kegiatan sektor swasta pada hari Jumat. Pekan lalu, harga emas mengalami kenaikan dipicu dari pelemahan dolar AS terhadap mata uang utama lainnya setelah merilis laporan ekonomi AS yang memburuk.

Dolar AS turun setelah laporan menunjukkan bahwa produksi industri AS jatuh lebih dari yang diharapkan pada bulan Maret dan konsumen sentimen memburuk sedikit bulan ini. Dirilis oleh Universitas Michigan, indeks sentimen konsumen berada di level 89.7 pada bulan April, dari bulan sebelumnya di level 91.0 dan lebih rendah perkiraan pasar 92.0.

Laporan lain menunjukkan bahwa output industri US turun 0,6% pada bulan Maret, lebih buruk daripada perkiraan pasar di level 0,1%. Laporan ini menggarisbawahi pandangan bahwa Federal Reserve mungkin untuk tetap berpegang pada pendekatan yang berhati-hati pada kenaikan suku bunga di masa depan.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak turun di level 0.60% di level $16.215 troy ons, dan tembaga naik 0.09% di level $2.155 troy pound.