Harga emas pada hari Kamis pagi (28/03) di perdagangan sesi Asia cenderung turun setelah adanya pengumuman dari the Fed tentang kenaikan suku bunga di AS. Saat berita ini ditulis, XAU/USD diperdagangkan pada kisaran level harga 1,242 dolar AS per troy ounce.

Sementara itu, pada Comex, New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman bulan Juni diperdagangkan menurun sebesar 0.21 persen menjadi 1,247 dolar AS per troy ounce. Sedangkan perak futures untuk pengiriman bulan Mei naik sebesar 0.06 persen menjadi 17.300 dolar AS per troy ounce, sementara tembaga futures untuk pengiriman bulan Mei naik sebesar 0.09 persen menjadi 2.234 dolar AS per pound.

Sedangkan pada sesi perdagangan tadi malam, emas sempat bergerak naik dan melanjutkan peningkatan harga dari dua sesi sebelumnya seiring dengan para investor yang masih berfokus pada rilis pernyataan mengenai kebijakan moneternya.

Keputusan Suku Bunga FOMC
Pembuat kebijakan the Fed dalam rapat FOMC sudah memutuskan untuk tidak merubah suku bunga jangka pendek sesuai dengan perkirakan pasar sebelumnya. Namun, berdasarkan pernyataan dalam pengumuman hasil keputas kemarin, kemungkinan masih ada kenaikan suku bunga yang akan terjadi beberapa bulan lagi.

Kenaikan diperkirakan akan terjadi beberapa bulan mendatang karrena tadi malam the Fed juga mengindikasikan pernyataan yang sedikit hawkish.The Fed mengatakan bahwa sudah menerima informasi yang menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja yang mengalami peningkatan meskipun pertumbuhan dalam aktivitas ekonomi yang masih lamban.

Selama ini FOMC baru mulai untuk menaikkan suku bunga dari nol dipertengahan bulan Desember, menerapkan tingkat suku bunga dengan basis poin range target 25 sampai 50 dan seiring dengan FOMC yang juga menurunkan prediksi mereka untuk hanya akan menaikan suku bunga dua kali di taun ini mengingat keadaan pasar ekonomi global yang melemah.

Sementara pada rapat kedua FOMC lalu, hanya Presiden the Fed Kansas City, Esther George memberikan hak suaranya untuk kebijakan kenaikan suku bunga yang harus dilakukan segera.

c_c_sf_091610_263635_EmasdanJanetYellen Harga Emas Tergelincir Pasca Keputusan Tingkat Suku Bunga The Fed