in Berita Pasar by heri
Lukman-Gold-15 Harga Emas Tergelincir Kembali
Emas memperpanjang kerugian pada Senin (4/4) siang pasca laporan pekerjaan AS yang lebih baik dari yang diharapkan dan secara otomatis memicu spekulasi Federal Reserve bisa menaikkan suku bunga dengan segera.

Divisi New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Juni -0.35% di level 1.219.20 troy ons. Logam mulia telah berkurang setelah menjatuhkan 0,8 persen pada Jumat pekan lalu.

Menurut perkiraan analis, bisa dilihat pasar mulai di sekitar harapan bahwa Fed akan segera menempatkan kenaikan tingkat suk bunga kembali, mungkin untuk beberapa waktu dalam Mei atau Juni. Emas memposting kenaikan triwulanan kenaikan di kuartal Maret sudah mencapai 16 persen sebagai harapan bahwa Federal Reserve akan bergerak untuk menormalkan bunga karena keprihatinan atas ekonomi global.

Logam sangat rentan terhadap kenaikan suku bunga yang mengangkat biaya oportunitas dari menyimpan aset yield dan meningkatkan dolar. Data pada Jumat kemarin menunjukkan nonfarm payrolls naik ke level 215.000 di bulan lalu, lebih tinggi dari harapan 205.000, menggarisbawahi kekuatan ekonomi AS.

Di tempat lain, saat ini posisi investor sebagian besar memilih bullish. Hedge fund dan fund manager menaikkan taruhan mereka ke 29 Maret tertinggi sejak akhir 2012, seperti yang ditunjukkan dari data oleh US Commodity Futures Trading Commission pada hari Jumat lalu.

Aset di SPDR emas Trust, bursa emas terbesar di dunia yang didukung tukar menukar dana, jatuh 0,15 persen menjadi 818.09 ton pada hari Jumat, tetapi tetap dekat tertinggi dalam lebih dari dua tahun.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak turun -0.34% di level $14.995, kemudian tembaga juga ikut turun -0.05% di level $2.162 troy pound.