in Berita Pasar by heri
0 Harga Emas Redup Jelang Data Tiongkok
Emas menyelinap di awal perdagangan Asia pada hari Rabu (13/4) jelang dari data neraca perdagangan Tiongkok.

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Juni turun -0.11% ke level $1,256.40 troy ons. Data Tiongok, neraca perdagangan di bulan Maret diproyeksikan menurun sebesar 203B dari 210B di bulan lalu. Nilai ekspor secara tahunan dilihat ke level 2,5%, sementara impor kemungkinan turun 10,2%.

Tadi malam, emas ditutup relatif datar seiring dari dolar US memantul dari delapan bulan rendah mengimbangi keuntungan dari sesi sebelumnya, pasca Dana Moneter Internasional (IMF) memotong proyeksi pertumbuhan global untuk keempat kalinya, IMF memperkirakan bahwa ekonomi global akan tumbuh pada level 3,2% pada tahun 2016 dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 3,4% pada bulan Januari

Di negara-negara maju khususnya, IMF mengharapkan pertumbuhan sederhana sebesar 2% pada tahun ini, di tengah-tengah permintaan lemah, tidak menguntungkannya dari sisi demografi dan juga produktivitas rendah. “Pertumbuhan yang lebih rendah berarti lebih sedikit ruang untuk kesalahan,” kata Maurice Obstfeld, penasihat ekonomi IMF dan Direktur penelitian Maurice Obstfeld mengatakan dalam sebuah pernyataan, pertumbuhan lambat memiliki efek yang mengurangi output potensial.

Sebagai bank sentral di seluruh dunia yang terus bergantung pada kebijakan suku bunga negatif (NIRPs) dalam upaya untuk mencegah ancaman deflasi, Obstfeld menekankan bahwa ekonomi utama tidak semata-mata mengandalkan pada kebijakan moneter sendiri untuk mencapai target pertumbuhan, namun sebaliknya Obstfeld mencatat bahwa negara-negara harus menerapkan kebijakan campuran yang lebih kuat, menggabungkan kebijakan moneter, fiskal dan struktural.

Sementara itu, Presiden Federal Reserve Dallas Rob Kaplan mengulangi kapan Fed harus tetap bergantung pada data pada waktu kenaikan suku bunga yang berikutnya, sambil menambahkan bahwa bank sentral AS harus mempertimbangkan menaikkan suku pada bulan Juni jika ekonomi terus meingkat. Bulan lalu, bencmark Komite pasar terbuka Federal (FOMC) standar Federal Fund Rate tidak berubah pada tingkat antara 0,25 dan 0.50%.

Kenaikan tingkat suku bunga apapun oleh Federal Reserve tahun ini dipandang sebagai pelemahan untuk emas, yang berjuang bersaing dengan imbal hasil yang tinggi. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak naik 0.96% di level $16.130 troy ons sedangkan tembaga juga naik 2.99% di levle $2.151 troy pound.