in Berita Pasar by heri
Lukman-Gold-15 Harga Emas Naik Sejenak
Emas tampak masih berada dalam penurunan di awal perdagangan Asia, investor masih menunggu jelang dari rapat kebijakan Federal Reserve minggu depan. Kamis (21/4).

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk penyerahan Juni diperdagangkan turun 0,45% ke level $1,248.60 troy ons. Tadi malam, emas terlihat landai menahan trading. Investor terus menunggu keputusan suku bunga oleh Federal Reserve di minggu depan bunga.

Dalam pertemuan minggu depan nanti, FOMC ditargetkan dapat menaikkan suku bunga dari 0.50 persen ke 0.75 persen. Dari anggota FOMC memilih 9-1 untuk meninggalkan suku bunga yang tidak berubah, beberapa komentar hawkish banyak bermunculan, namun meski begitu kepala Gubernur Federal Reserve Janet Yellen masih bersikeras Fed harus berhati-hati karena pelamahan ekonomi. FOMC yang memproyeksikan pada bulan Desember lalu menaikkan suku bunga sebanyak 4 kali di tahun ini, namun saat ini hanya menaikkan menjadi 2 kali saja, di tengah kondisi ekonomi dan keuangan global yang lemah.

Kenaikan tingkat setiap tahun ini dipandang sebagai bearish untuk emas yang berjuang untuk bersaing dengan imbal hasil yang tinggi bantalan aset dalam meningkatnya tingkat lingkungan.

Emas menurun setelah perdagangan Asia capai sesi-tertinggi semalam. Investor di Tiongkok terus menyesuaikan diri dengan peluncuran Shanghai gold fix. seperti diketahui, Tiongkok adalah produsen emas terbesar di dunia dan konsumen terbesar kedua di dunia logam kuning. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak turun -0.47% di level $17.055 troy ons, dan tembaga juga merosot -0.18% di level $2.232 troy pound.