in Berita Pasar by heri

Perdagangan emas di sesi Asia pada Rabu (24/2) pagi terlihat masih tinggi, investor mengikuti jejak data nanti erat kemungkinan indikasi pada AS mengenai suku bunga.

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman April memperoleh kenaikan 0,43% menjadi $1,231.40 troy ons. Tadi malam, emas juga naik lebih dari 1% setelah sebelumnya ada rillisan indeks kepercayaan konsumen dan data manufaktur AS.

Logam mulia terus bergerak keatas setelah The Conference Board mengatakan indeks keyakinan konsumen untuk Februari turun tajam ke level 92.2 dari 97,8 di bulan sebelumnya. Dengan penurunan yang cukup besar, kepercayaan konsumen di AS jatuh ke tingkat terendah sejak akhir Juli. Pasar memproyeksikan akan menurun 0,6 di level 97.2.

Dalam laporan, walaupun ada tanda sedikit di kepercayaan konsumen. Responden menegaskan bahwa pekerjaan menurun sedikit dari 23.0 menjadi 20.1%. Sementara itu, responden mengklaim bahwa pekerjaan sulit untuk didapatkan. Sementara dari tempat lain, Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond mengatakan Indeks manufaktur turun ke -4 pada bulan Februari, bergeser ke tingkat terendah sejak September.

Kenaikan tingkat bunga dipandang sebagai pelemahan untuk emas, yang berjuang untuk bersaing dengan imbal hasil yang tinggi. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak naik 0.49% di level $15.305 troy ons, dan tembaga turun -0.33% di level $2.093 troy pound.