Gold-Rise-Arrow Harga Emas Mendaki
Emas naik tertinggi di perdagangan Eropa pada Jumat siang, (29/4) seiring dari pelemahan dollar AS lebih lemah dan ketidakpastian yang disebabkan oleh keputusan Bank sentral Jepang.

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Juni naik 0,76% ke level $1,278.55. Permintaan aset safe haven diperkuat setelah BoJ memilih untuk menahan kebijakan moneter menentang ekspektasi pasar untuk pelonggaran moneter tambahan. BoJ tetap mempertahankan suku bunga deposito di -0,1% dan aset pembelian di ¥80 triliun per tahun. Hal itu juga mendorong kembali data yang diharapkan untuk mencapai sasaran inflasi 2%.

Sedangkan dari federal reserve juga menerapkan untuk mempertahankan suku bunga, pelaku pasar berfokus pada biaya tenaga kerja, pengeluaran pribadi dan sentimen konsumen nanti malam, guna melihat lebih lanjut indikasi pada kekuatan ekonomi setelah data pada hari kemarin bergeak beragam.

US dollar index, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, adalah turun 0,34% ke level 93.41, terendah sejak Agustus tahun 2015. Pada perdagangan Comex lainnya, perak berjangka untuk pengiriman rally 1.41% ke level $17.800 troy ons, sementara tembaga berjangka untuk pengiriman Juli naik 1.50% ke level $2.266 troy pound.