in Berita Pasar by lilik
Harga Emas naik di atas $ 1.230 per ons dan mendekati level tertinggi satu tahun pada akhir perdagangan Rabu, sebagai penahan untuk menghindari risiko, bersama obligasi pemerintah, dengan potensi pelemahan minyak mintah yang terus tertekan dengan kekuatiran kelebihan pasokan yang menekan pasar saham global.

Harga emas spot naik 2,1 persen ke sesi tinggi $ 1,252.91 per ons, sedikit rendah dari tertinggi satu tahun pada $ 1,260.60 yang dicapai pada 11 Februari.

Emas kembali menjadi daya tarik dan tempat berlindung bagi investor menghindari risiko, bahkan saat dolar menguat terhadap sekeranjang rival mata uang utama.

“Emas naik dengan lemahnya risk appetite, tapi yang menonjol saat ini adalah bahwa pasar meningkat meskipun dolar lebih tinggi juga,” Jens Pedersen, analis senior di Danske Bank.

Secara teknis, emas tampaknya akan menguji level tertinggi baru-baru ini di atas satu tahun dari $ 1.260, kata MKS Group di catatan.

Saham di seluruh dunia jatuh pada kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi tetapi berakhir di posisi terendah sesi setelah harga minyak mentah berbalik data persediaan minyak mentah AS yang lebih tinggi.

Penjualan rumah baru AS jatuh pada bulan Januari, sementara data lain menunjukkan sektor jasa kontraksi pada awal bulan Februari untuk pertama kalinya sejak Oktober 2013.

Presiden Federal Reserve Dallas, Robert Kaplan, menganjurkan pendekatan yang lebih sabar untuk kebijakan pengetatan menghadapi kekuatiran global, ia tidak mengharapkan Amerika Serikat untuk memasuki resesi tahun ini.

Aset di SPDR Gold Trust, yang didukung ETF, berada pada tingkat tertinggi sejak Maret 2015. aliran dana itu sejak awal tahun telah melampaui arus keluar untuk seluruh tahun 2015, memberikan dukungan juga untuk harga emas.

Diperkirakan harga emas pada perdagangan sampai sore ini berpotensi melemah dengan potensi penguatan dollar AS. Namun jika malam nanti data Durable Goods Order AS terealisir menurun akan menekan dollar AS dan menguatkan harga emas.

gold1-696x464 Harga Emas Mendadak Naik