Harga emas hari ini (23/03) anjlok di sesi Asia, memusnahkan kenaikan yang terjadi kemarin karena berkaitan dengan sentimen resiko setelah bom menghebohkan Belgia. Saat ini XAU/USD diperdagangkan pada level harga 1,235 dolar AS.

Penurunan ini juga terjadi pada emas untuk pengiriman bulan April pada Comex, New York Mercantile Exchange. Harga emas di Comex menjadi 1,237 dolar AS, mengalami penurunan sebesar 0.92 dolar AS. Tak hanya emas, pengiriman perak futures untuk bulan Mei juga turun sebesar 0.76 persen dengan level harga 15,765 dolar AS per troy ounce, sedangkan tembaga futures diperdagangkan 2,286 dolar AS per pound,
turun sekitar 0.26 persen.

Padahal pada hari Selasa kemarin, emas futures reli di sesi perdagangan Amerika seiring dengan adanya ledakan bom di Brussel yang berdampak pada naiknya minat terhadap aset safe haven. Kemarin emas futures mengalami kenaikan 0.66 persen dan diperdagangkan pada level harga yang cukup tinggi yaitu sebesar 1,252 dolar AS.

Akan tetapi, sehari sebelum itu, emas turun sebesar 0.81 persen atau sekitar 10,10 dolar AS seiring dengan para investor yang mencerna komentar pejabat the Fed tentang kenaikan suku bunga AS selanjutnya setelah bank sentral AS mengejutkan pasar dengan mengurangi proyeksi kenaikan suku bunganya tahun ini, turun dari empat kali menjadi dua kali saja, dan menyatakan ada dampak potensial dari lambatnya pertumbuhan ekonomi global dan pasar keuangan yang bisa mengacaukan ekonomi AS.

Presiden the Fed San Francisco, John Williams dan Presiden the Fed Atlanta, Dennis Lockhart mengatakan kenaikan suku bunga bisa terjadi bulan depan. Akan tetapi faktanya adalah kedua pejabat tersebut bukan termasuk anggota FOMC 2016, jadi kenaikan suku bunga tersebut masih belum bisa dipastikan.

sf_143619_262061_Emas%20Meluncur Harga Emas Meluncur Di Sesi Asia