Gold-Invest-in-hand Harga Emas Makin Berkilau
Emas pada perdagangan Senin sore (2/5) masih tampak melonjak, seperti dari sesi sebelumnya seiring dari pelemahan dolar AS yang mencapai tingkat terendah dalam hampir satu tahun.

Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Juni naik 0.53% di level $1.297.40 troy ons. Bullion untuk segera pengiriman sedikit berubah di level $1,292.65 menurut harga generik Bloomberg. Logam kuning ditutup di pekan lalu dengan tingkat daya tertinggi sejak 23 Jan 2015.

Si kuning telah meningkat dipicu pelemahan dolar AS yang telah melemah, mendekati level psikologis $1.300 troy ons, diawali ketika kekuatan yen terhadap dolar AS dan penghasilan musim telah membuat permintaan investor tetap kuat di pasar emas.

Indeks dolar Bloomberg spot yang melacak dolar AS terhadap mata uang lainnya terpantau jatuh terendah sejak Mei lalu. Yen diperdagangkan pada level terkuat sekitar 18 bulan sebagai keprihatinan atas ekonomi global dengan prospek kenaikan suku bunga US.

Pasar melihat bahwa perekonomian di Amerika Serikat mungkin mulai dapat cepat di kuartal mendatang, seperti yang dikatakan oleh analis. Emas ETP holdings juga naik 1.68 metrik ton di level 1,759.1 ton sampai hari Jumat lalu, seperti dilansir dari data Bloomberg. Pada perdagangan Comex lainnnya, spot platinum menurun sebanyak 0,5 persen, yang paling lemah lebih dari seminggu. perak merosot -0.115 di level $17.770 troy ons, dan tembaga turun -0.55% di level $2.271 troy pound.